Selasa, 23 November 2010

Kanvas Meja Belajar Labil

Apa yang kamu lakukan di kelas kalo lagi bosen belajar ? BBM-an kah? Atau ngobrol sama teman? Atau malah tidur? Kamu pasti pernah ngelakuin salah satu atau mungkin ngelakuin tiga opsi tersebut berbarengan.
Banyak hal kamu lakuin kalo lagi bosen di kelas, salah satunya adalah corat-coret meja tulis. Entah siapa yang pertama kali melakukan hal ini, kegiatan corat coret meja menjadi hal yang lumrah dilakukan. Padahal menurut tata tertib sekolah, semua siswa harus merawat sarana yang ada disekolah, termasuk meja dan kursi yang ada di kelas. Tapi masih banyak yang ngelakuin hal yang satu ini.

 Meja tulis memang menjadi tempat favorit pelampiasan kebosanan ketika sedang di kelas. Berbagai bentuk coretan tulisan yang berisikan puisi, kata-kata kasar, tolol, freak, dan sebagainya selalu menghiasi meja-meja tersebut. Tidak hanya tulisan, meja tulis kelas juga menjadi korban berbagai coretan gambar.
Banyak hal bisa menjadi cerminan dari kegiatan vandalisme ini. Selain wujud rasa iseng dan berontak dari rasa bosan pada metode pengajaran di kelas, kegiatan corat-coret meja dan kursi juga menjadi wujud kreativitas siswa. Tidak sedikit yang menuliskan puisi-puisi, ilustrasi seni, dan karya visual seni lainnya. Namun, yang terburuk dari corat-coret ini adalah ketika kamu akan menghadapi ujian pelajaran. Banyak yang mencoret meja dengan contekan-contekan berupa sandi bahan/jawaban ujiannya. 
 Siswa siswi disekolah memang seolah tak pernah kehabisan cara untuk menuliskan apa yang ingin mereka tulis. Baik itu seni, maupun sandi.

Aldo Fenalosa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar