Selasa, 23 November 2010

Pengertian dan Sejarah SMA (artikel)

Sekolah Menengah Atas atau yang lebih banyak dikenal dengan nama SMA adalah jenjang tingkat pendidikan yang paling sering disebut masa sekolah yang paling indah.
Padahal, sebenarnya kalau dilihat lagi, SMA adalah masa dimana seorang murid harus menentukan pilihan, dan bukan sembarang pilihan, misalnya jurusan apa yang akan dipilih saat kelas dua/tiga nanti? dan pilihan tersebut akan membawa murid tersebut kepada pertanyaan berikutnya.. jurusan apa yang akan dambiil ketika kuliah nanti?
Dan keputusan tersebut bukan lah keputusan yang mudah karena akan membawa seseorang untuk menentukan masa depannya.

Tapi disini, kita tidak akan membahas hal tersebut, disini kita akan membahas mengenai, apa SMA itu, dan sejarah SMA itu sendiri.

SMA atau Sekolah Menengah Atas adalah jenjang sekolah di Indonesia setelah SMP atau Sekolah Menengah Pertama. SMA terdiri dari kelas 1,2, dan 3. Biasanya, pada tahun kedua, murid-murid akan dijuruskan, ada jurusan IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) , IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) dan Bahasa.
SMA sendiri adalah tingkatan sekolah yang tidak masuk ke dalam program wajib belajar yang diadakan pemerintah.
Di Indonesia sendiri, ada beberapa sekolah yang setingkat dengan SMA, misalnya SMK dan MA.

SMA sendiri sudah ada sejak zaman Belanda, tetapi dengan nama yang berbeda. Pada zaman penjajahan Belanda disebut AMS (Algeemene Middelbare School) dan zaman tersebut bahasa pengantar menggunakan bahasa Belanda. Dan juga lokasi sekolah tidak tersebar di seluruh Indonesia seperti saat ini, dahulu hanya terdapat di beberapa ibukota provinsi HindiaBelanda.
Dan ketika zaman penjajahan Jepang AMS berubah nama menjadi SMT atau Sekolah Menengah Tinggi. Dan ketika Indonesia merdeka yaitu tepatnya tanggal 13 Maret 1946, berubah lagi namanya menjadi Sekolah Menengah Oemoem Atas atau SMOA.. Dan pada sekitar tahun 1950an, SMOA berubah manjadi SMA, dan dibagi menjadi SMA A, B, dan C yang saat ini dikenala dengan IPA, IPS dan Bahasa. Pada tahun 1993an SMA sempat berubah menjadi SMU yaitu Sekolah Menengah Umum. Tapi kemudian berubah lagi menjadi yang kita kenal saat ini, SMA.

(Agnes Savithri)
sumber: Wapedia.mobi/ID/SMA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar