Rabu, 24 November 2010

Pengayaan, Persiapan Menghadapi Ujian Nasional


Siswa SMA Negeri 1 Jatinangor akan mendapatkan pengayaan sebagai sarana persiapan untuk menghadapi Ujian Nasional yang akan mereka hadapi pada bulan Maret tahun depan. Persiapan yang diselenggarakan pihak sekolah ini berupa pengayaan ( jam belajar tambahan yang biasanya disediakan oleh pihak sekolah setelah jam belajar reguler usai. red ). “Dalam pengayaan, para siswa kelas dua belas akan mendapatkan materi – materi  berupa soal – soal ujian nasional tahun sebelumnya serta perkiraan soal yang akan diujikan,” terang Ibu Atikah, guru bagian penyusun kurikulum. Pengayaan ini akan mulai dilaksakan pada semester dua.
Ia juga mengungkapkan, sebagai persiapan dini, para siswa diberikan kisi – kisi, berupa bahasan yang akan diujikan pada ujian nasional nanti. Pembahasan mencakup materi pelajaran yang telah dipelajari mulai kelas sepuluh hingga materi pelajaran terakhir yang diberikan ooleh para guru. Pada semester dua, barulah para siswa akan diberikan pengayaan. “Pengayaan diadakan sebanyak sepuluh pertemuan, diselingi tiga kali tryout  atau ujian percobaan.”
Beberapa siswa mengaku, merasa tegang menghadapi ujian nasional yang akan mereka hadapi sekitar empat bulan lagi. “Kita mah merasa tegang,” aku dua siswi kelas dua belas jurusan IPA, SMA Negeri 1 Jatinangor. “Dari guru sih udah mulai wanti – wanti buat belajar, tapi tetep aja males”, aku mereka. Hal ini terkait banyaknya siswa yang tidak lulus pada ujian nasional tahun – tahun sebelum tahun ini yang beberapa mengalami tekanan batin, bahkan stres.
Pada tahun ini, para siswa menghadapi ujian yang makin ketat. Untuk menghilangkan kesempatan menyontek, para peserta ujian akan diberikan soal berbeda satu sama lain. Mereka akan mendapatkan delapan belas paket soal yang berbeda. (Noor Hafidz)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar