Selasa, 23 November 2010

Upacara Bendera (artikel)

"kepadaa.. benderaa merah putihhh.. hooooorrmmmaaatt.. geraaakkk!!!"

kemudian paduan suara menyanyikan lagu Indonesia Raya, peserta upacara pun menghormat bendera merah putih yang naik secara perlahan.

---------------------------------------------

Upacara bendera biasanya dilakukan setiap hari senin. Dilakukan pagi hari, sebelum masuk kelas untuk kegiatan belajar mengajar. Waktu yang diperlukan untuk kegiatan upacara, berselang selama 30-45 menit, itu tergantung dari lamanya pembina upacara melakukan pidato.

Sudah diketahui bersama-sama, upacara bendera dilakukan untuk mengenang, menghormati, dan menghargai jasa pahlawan yang telah memerdekakan Indonesia. Selain itu juga, upacara bendera dilakukan sebagai bentuk rasa nasionalisme terkecil yang dilakukan kaum remaja khususnya para pelajar.

Tapi, kenapa upacara bendera hanya dilakukan sampai dengan jenjang pendidikan sekolah menengah atas dan pegawai negeri, kebanyakan. Bagi mahasiswa jarang dan hampir sudah tidak pernah lagi melakukan upacara bendera. Apakah nasionalisme hanya dituntut bagi pelajar dan pegawai negeri? Ada yang beralasan, bentuk nasionalisme tidak hanya lewat kegiatan melakukan upacara bendera. Apa mahasiswa sekarang melakukan kegiatan yang berbau nasionalisme? kecuali saat ada bencana dan ada kebijakan pemerintah yang merugikan masyarakat, kemudian beramai-ramai melakukan unjuk rasa membawa nama nasionalisme padahal merusak.

Perlu sedikit kita berkaca pada pelajar SMA. Pelajar SMA sedikitnya rutin melakukan kegiatan yang berbau nasionalisme seperti Upacara, sedangkan mahasiswa? kebanyakan melakukan kegiatan yang berbau internal terhadap universitasnya, organisasinya, dan himpunannya. Padahal, mahasiswa dituntut sebagai penggerak suatu negara, namun zaman sekarang, mahasiswa hanya memikirkan masa depan sendiri.

Saya lebih setuju, upacara bendera dilakukan di jenjang pendidikan perguruan tinggi, bahkan semua instansi dan lembaga. Sebagai bentuk perwujudan terkecil kita untuk menghargai dan menghormati negara Indonesia.

Tetapi, kadang upacara bendera melenceng dari tujuannya. Dikutip dari malesbanget.com, contoh tujuan yang melenceng upacara bendera adalah:
1. Ajang saling bercerita teman sekelas atau teman antar kelas.
2. Tempat untuk berdiskusi kegiatan nanti siang yang akan dilakukan.
3. Tempat untuk memamerkan atribut yang dipakai, seperti sepatu, jam tangan, dsb.
4. Tempat belajar dadakan untuk ulangan pelajaran setelah upacara.

Meskipun demikian, perlu apresiasi bagi yang melakukan upacara bendera. Berdiri sekitar 20-45 menit untuk melihat bendera dinaikan saja, cukup melelahkan.


-ridwan achmad darmawan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar